Home Made Cheese Sauce a la Richeese Factory

21.15 Anindita 11 Comments



Belakangan ini muncul menu baru yang nge-hitz banget di KFC. Yup! Menu hot and cheese chicken. Ayam goreng crispy yang spicy khas KFC, dituang saus keju cair dan ditaburi biji wijen di atasnya. Saya sudah sempat coba, lumayan enak sih hanya saja saya kurang suka minuman teh susu (?) yang dikasih saus keju juga diatasnya. Eneg banget... :p Nah... si menu baru ini banyak banget yang membandingkan dengan menu khasnya Richeese Factory. Berbeda dengan restoran fastfood lain, salah satu signature sauce yang selalu ada adalah cheese sauce. Yaiyalah... judul restorannya saja sudah Richeese, so of course it is all about cheese.


Untuk para pecinta keju, saus kejunya Richeese pasti bikin pengen makan lagi dan lagi. Sayangnya di Palembang saya belum menemukan restoran Richeese. Worry no more! Sekarang saya sudah bisa membuat sendiri saus kejunya. Happy tentunya, kalau penasaran dengan resepnya, keep on reading ya...



Resep yang saya share ini pertama kali saya liat di Facebook. Sempat saya share di wall tapi karena sudah terlalu lama akhirnya tenggelam dan kehilangan jejak. Jadi mohon maaf sekali saya tidak bisa mencantumkan sumber asli resep ini :( Akhirnya saya browsing dan dapat lagi resepnya. Eksekusi resepnya saya sesuaikan dengan selera dan bahan yang ada di rumah. Kebetulan suami kurang suka rasa keju yang terlalu pekat, jadi dengan dua bungkus bubuk tabur kejunya sudah cukup pas rasanya. 

Bahan :

  •  350 ml susu UHT fullcream (saya pakai susu ultra 100 ml saja soalnya stock di rumah adanya segitu  >.<)
 
  • 1 butir telur, ambil bagian kuningnya
 
  • 100 ml air putih (karena saya mengurangi jumlah susunya air putihnya saya tambah)
 
  • 4 sdm maizena (kalau ingin teksturnya agak cair seperti KFC punya kurangi jadi 2-3 sendok makan aja!) 
 
  • 1 kotak cheese spread (saya pakai prochiz)
 
  • 3 bungkus bubuk tabur keju (saya hanya pakai 2 bungkus merk indofood)

Cara Membuat :

  • Panaskan susu dengan api kecil masukan cheese spread, aduk – aduk sampai keju mencair. Usahakan memasukan kejunya secara bertahap aja supaya lebih mudah cairnya. Diaduk-aduk terus ya... Kalau tidak ada whisk pakai garpu pun sudah cukup yang penting kuncinya apinya kecil dan tidak berhenti diaduk supaya susunya tidak gosong.
 
  •  Dalam wadah terpisah, aduk tepung maizena, kuning telur dan air sampai merata. Masukan ke dalam campuran susu dan keju sedikit demi sedikit sambil diaduk terus. Tips dari saya sebelum dimasukkan ke panci, ambil satu sendok makan adonan keju yng ada di dalam panci untuk dicampurkan ke campuran tepung maizena. Dengan begitu nantinya kedua campuran ini bsa menyatu dengan lebih smooth...
 
  • Terakhir masukan bubuk tabur keju. Ini yang paling memberi aroma dan warna seperti saus Richeese, aduk terus sampai tercampur rata. Oia, sebagai cacatan tambahan, ketika sudah dingin, kekentalan saus ini semakin bertambah. Jadi kalau ingin sausnya lebih cair lagi bisa dihangatkan lagi plus ditambah air sedikit sampai kekentalan yang diinginkan. I like mine to be a bit runny... jadi berasa meleleh - meleleh gitu deh.

And you are done!

FYI, hasil dari takaran resep ini cukup banyak jadi supaya awet sisamya saya simpan di kulkas dalam jar bekas. Dan jar yang saya gunakan ini saya dapat waktu nyobain chia puding yang super endess buatan @madebykinoy (thank you ony... :* if you are living around Yogya go check her IG! she sells a lot of healthy food & drink) lumayan dapat 2 jar full of this yummy sauce... sayangnya saya belum tau ketahanannya. akan saya update ya dalam beberapa hari ke depan.



Saus keju ini cocok sekali di makan bareng ayam goreng tepung plus nasi hangat. Kalau penyajian di KFC sih ditambah taburan biji wijen. But actually any kind of salty deep fried food will taste better with these sauce. Let me know if you like the sauce, okay? See you on my next post...




You Might Also Like

11 komentar:

  1. mau coba juga aaaahh... makasih mba Anin resepnya :*

    Manda
    www.tipscantikmanda.com

    BalasHapus
  2. mbaa makasih resepnya yaaaa mau coba juga aah

    BalasHapus
  3. mba.. makasi ya resepnya.. boleh contek ya.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh bangeeeet di contek.. ;) happy cooking..

      Hapus
  4. Diin ini kayaknya wenaaaaakk
    Aku br tau procis ada spreadnya. Oiya bumbu tabur tu maksudnya yang kaya buat ditabur k kentang goreng itu ya?

    BalasHapus
  5. Mbaak...setelah disimpan dikulkas tahan berapa lama??kalo suhu ruang berapa lama?

    BalasHapus
  6. Asssyiiiikkkk Kebetulan aku punya chesee spreaaaddd! :love
    Makasi resepnya ya mbaa :)

    BalasHapus
  7. Terimakasih yaa Resepnya
    Kebetulan mau buka kuliner

    BalasHapus
  8. Terima kasih infomasinya..mba apakah sudah terjawab tahan berapa lamanya? saya mau cobaa

    BalasHapus