Cerita FCB : Poppy Dharsono Facial Cleansing Bar Review

19.23 Anindita Khrisna Murti 0 Comments

Jerawat. Satu kata yang bisa jadi mimpi buruk untuk semua orang. Baik pria, wanita, usia remaja hingga dewasa bias bermasalah dengan jerawat.


 “Menurut Wikipedia, Jerawat adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak [sebaceous gland] yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori –pori kulit. Penyebab jerawat yang paling umum adalah hormon, tumpukan minyak atau sebum di kulit berkolaborasi dengan bakteri.” 

Saya memiliki kulit yang berjerawat sejak masa puber saya. Bertahun – tahun saya mencoba berbagai macam produk ada yang cocok, ada yang tidak berefek dan tentunya ada juga yang justru memperparah kondisi kulit saya.


Di usia saya yang menjelang 30 tahun ini saya baru menemukan teknik & rangkaian perawatan kulit yang bisa membantu memperbaiki kondisi kulit saya yang terlanjur rusak karena jerawat dan penggunaan berbagai macam produk selama bertahun – tahun. Tentunya teknik dan rangkaian ini telah melalui proses trial and error. Teknik ini saya sebut double triple. Apaan sih double triple? 

Teman – teman pasti pernah mendengar three step skin care ya? Yup! Cleansing – Toning – Moisturizing. Kalau double cleansing dan double toning juga pernah dengar ya? Double cleansing tentunya step pembersihan kulit dengan 2 cara/jenis pembersih yang berbeda, Misalnya step 1 dengan cleansing milk kemudian step kedua dengan facial wash. Double toning pun pengertiannya sama, step peringkasan pori-pori dengan 2 cara/jenis toner yang berbeda. Saya mencoba menggabungkan semua teknik tersebut. Jadi skin care routine saya urutannya kurang lebih sebgai berikut :

1.       Cleansing 1 : membersihkan kulit atau make up dengan grapeseed oil/make up remover oil base sambil dipijat lembut sampai semua make up terangkat, kemudian basuh dengan lap microfiber yang sudah dibasahi air [lebih bagus air hangat]
2.       Cleansing 2 : mencuci muka dengan Poppy Dharsono Facial Cleansing Bar. karena saya menyukai efek busa, saya membusakan sabun ini dengan bantuan foam net. Ketika busanya dirasa cukup, basuh wajah dengan busa dari sabun dengan gerakan memutar ke seluruh wajah kemudian bilas dengan air dingin
3.       Toning 1 : gunakan toner dengan kapas, tepuk-tepuk sampai toner meresap dengan merata
4.       Toning 2 : lanjutkan dengan penggunaan face spray dengan air mawar, tepuk-tepuk sampai meresap lagi
5.       Bila sedang ada jerawat bisa menggunakan obat jerawat, biarkan meresap. Kalau kamu tidak berjerawat step ini bisa diganti dengan penggunaan serum atau essence
6.       Moisturizing 1 : menggunakan pelembab secara tipis dan merata keseluruh wajah sambal dipijat lembut sampai meresap
7.       Moisturizing 2 : saya menggunakan face oil 3-4 tetes dengan cara di”hangatkan” dengan diusap di telapak tangan dulu baru kemudian dipijat lembut sampai merata.

Waah ribet ya… Iya… tapi saya sangat puas dengan hasilnya. Eh, tapi tunggu deh… Ada yang aneh ngga dari step–step skin care saya diatas? Hayooooo… apa yang aneh? Hehehe… kalau ada yang menjawab saya tidak menyebut merk/brand produk selain di point 2, kamu benar! Kenapa begitu? Karenaaaaa… review ini saya akan focus membahas facial wash baru kesayangan saya ini. Please welcome… 

 Poppy Dharsono Facial Cleansing Bar 

Mungkin ada yang belum familiar ya dengan merk PDC atau Poppy Dharsono Cosmetic. Wait, whaat? Poppy Dharsono bukannya fashion designer ya? Iya kamu ngga salah dengar koq. Ibu Poppy adalah fashion designer ternama Indonesia yang mengawali kariernya lewat dunia modeling semasa sekolah filmografi di IKJ & sekolah mode di ESMOD, Paris. Setelah selesai bersekolah ibu Poppy kembali ke Indonesia dan sukses merintis fashion brand dengan namanya sendiri. Di tahun 1989 Ibu Poppy merilis lini kosmetik pertamanya berupa parfum. FYI, parfum keluaran bu Poppy ini adalah parfum favorit Mama saya. Siapa sangka hampir 3 dekade berikutnya saya mendapat kesempatan mereview produk dari brand yang sama.



Oke, kembali ke facial cleansing bar lagi. Poppy Dharsono Facial Cleansing Bar adalah sabun pembersih wajah yang mengandung Green Tea Extract dan Evening Primrose Oil (EPO). Green Tea (Camelia sinensis) Extract dipercaya mampu mengontrol kelebihan produksi minyak di kulit sekaligus mengurangi peradangan pada kulit. Green Tea Extract juga mengandung antioksidan yang tinggi sehingga membantu menangkal radikal bebas sehingga memperlambat proses penuaan dan kulit keriput. Evening Primrose (Oenothera biennis) Oil diklaim mampu mengurangi jerawat yang disebabkan ketidakseimbangan hormon serta memperbaiki tekstur wajah karena EPO mengandung asam linoleate, asam lemak esensial yang tidak diproduksi oleh tubuh.

Sounds promising, right? Nah berikut ini foto before after saya setelah menggunakan Poppy Dharsono Facial Cleansing Bar selama satu minggu. Kebetulan saya memulai penggunaan Poppy Dharsono Facial Cleansing Bar ketika saya sedang dalam siklus menstruasi yang artinya jerawat sedang tumbuh subur di wajah saya. 


kiri : before - kanan : after


Yang saya sukai dari produk ini adalah kesan bersih yang ditinggalkan setelah mencuci muka. Aroma sabunnya juga lembut dan segar, menjadikan step mencuci muka jadi relaxing dan menyenangkan. Biasanya ketika saya mencoba produk sabun terutama yang berbentuk batangan, saya merasa kulit saya terlalu kesat bahkan kencang yang tidak wajar (Bahasa Depok-nya wajah saya seperti “ketarik” :p). Alhamdulillah saya tidak merasakan hal ini selama memakai Poppy Dharsono Facial Cleansing Bar. Kulit saya tampak lebih cerah dan pori – pori kulit saya tampil lebih “sopan”. Jerawat yang muncul juga lebih cepat kempes dan mengering. Area dahi dan hidung juga terasa tidak berminyak. dan yang paling bikin saya happy adalah beberapa bekas jerawat tampak memudar!

kiri : before - kanan : after

Tapi sayangnya ada efek samping yang saya rasakan pada jari-jari tangan saya. Jari-jari tangan saya mongering dan beberapa sampai mengelupas. Untungnya masih bisa diatasi dengan memberi body lotion dan menambah konsumsi air putih. Setelah memasuki hari ke-5 pengelupasan pada jari-jari tangan saya mulai berkurang dan kulit jari saya menjadi lebih lembut. 


Sebenarnya satu minggu adalah waktu yang terlalu singkat untuk menyimpulkan kesan saya terhadap sebuah produk. Tapi, sejauh ini saya cukup puas dengan Poppy Dharsono Facial Cleansing Bar ini. Insya Allah, saya akan melanjutkan pemakaiannya, semoga semakin hari kondisi kulit wajah saya semakin membaik dan bisa jadi secantik Ibu Poppy Dharsono. Aamiin… Oia, yang berikut ini video ketika saya unboxing bingkisan yang saya terima dari PDC & IBF team. 


Rate : 4 / 5
Price : IDR 42.000,-
Store : Poppy Dharsono Store, LAZADA



You Might Also Like

0 komentar: